Sabtu, 08 Maret 2014

Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia



Kualitas sumber daya manusia indonesia sedikit berbeda jika kita lihat dengan kualitas sumber daya manusia negara-negara yang masih satu kawasan atau Se-Asia seperti Cina dan Jepang. Rendahnya kualitas sumber daya manusia di Indonesia saat ini masih menjadi persoalan utama dalam bidang pendidikan di Indonesia. Peningkatan kualitas SDM Indonesia sangat tergantung pada kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan. Tidak hanya dalam bidang pendidikan yang menyebabkan rendahnya kualitas SDM Indonesia, rendahnya tingkat kesehatan masyarakat Indonesia juga menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya SDM yang dimiliki Indonesia. Banyak lingkungan yang kurang sehat, banyaknya penyakit yang menular yang sering berjangkit dan gejala kurang gizi yang dialami penduduk. Bagaimana sumber daya manusia Indonesia bisa meningkat jika kesehatan dirinya sendiri bukan menjadi suatu hal yang diutamakan. Jika kesehatan tidak mendukung bagaimana bisa tercipta manusia yang cerdas.
Sebetulnya negara Indonesia juga banyak memiliki kualitas sumber daya manusia yang cerdas, pintar, kreatif  dan intelektual. Buktinya saja, banyak generasi-generasi kita dapat mengahrumkan Bangsa Indonesia ini di manca negara dengan berbagai prestasi yang membanggakan. Namun sayangnya, kebanyakan penduduk Indonesia yang berprestasi tinggal di luar negeri atau diadopsi oleh negara lain mengabdi dan bekerja untuk negara tersebut. Ini menunjukkan kurangnya perhatian pemerintah terhadap penduduk-penduduk Indonesia yang memiliki potensi dan prestasi yang baik. Mungkin tidak semua penduduk Indonesia yang mempunyai potensi mengalami hal ini, ada penduduk yang berprestasi mendapatkan perhatian ataupun fasilitas dari pemerintah. Bila saja pemerintah dapat serius dalam menangani SDM Indonesia yang berprestasi dengan memberikan fasilitas ataupun tunjangan pada mereka,yang nantinya bisa memberikan manfaat untuk kemajuan negara Indonesia.
Contoh lagi yang sering kita lihat di layar televisi, yang mempertegas kembali kondisi SDM Indonesia yang masih rendah. Penyiksaan TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di luar negeri, hingga meninggal dunia ataupun mengalami cacat fisik dan mental seumur hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Free Hit Counter

Ada kesalahan di dalam gadget ini