Sabtu, 08 Maret 2014

Membangun Generasi Emas Indonesia



Kebesaran bangsa indonesia pada jaman keemasannya tidak lepas dari peran penting karakter-karekter pemimpin serta sumber daya manusia yang ada, semuanya bahu membahu dalam membangun bangsa dan negara serta bersatu dalam membangun rakyat yang sejahtera. Hal ini sebetulnya bisa dilakukan terhadap kondisi negara dan bangsa saat ini, dimulai dengan membangun karakter serta potensi sumber daya manusia terutama generasi bangsa indonesia.
Sebenarnya kualitas sebuah bangsa dapat dilihat dan ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia. Dan kualitas sumber daya manusia tersebut sangat ditentukan oleh kualitas guru yang membimbing dan mengajarkan ilmu kepada generasi penerus bangsa.  Peran guru juga sangat menentukan perkembangan seorang anak. Karena saat usia dini lah merupakan masa perkembangan emas seorang anak. Pendidikan pada usia dini akan bermanfaat bagi perkembangan emosi anak, mengembangkan kognitif anak, dan menumbuhkan kreativitas.
Untuk mempersiapkan generasi emas Indonesia, penting bagi dunia pendidikan melakukan perubahan pola pikir. Pendidikan tidak sekadar dimaknai dengan transfer akademik (keilmuan) saja, melainkan dilengkapi dengan karakter. Keseimbangan akademik dan karakter inilah yang perlu disiapkan sejak sekarang. suatu bangsa akan maju apabila generasi yang mengganti lebih baik dari generasi yang diganti. Maka menjadi tugas dunia pendidikan di generasi sekarang untuk menyiapkan generasi mendatang lebih baik dan berkualitas. Perlunya memberi ruang anak mengasah kemampuan berbicara, mendorong berkembangnya kreatifitas dan  kemampuan inovatif, serta melatih kemampuan menganalisa. Pendidik baik guru maupun dosen harus memfasilitasi anak didik atau mahasiswanya mengerjakan dan mempraktikkan apa yang dipelajari di lingkungan sekitarnya. Beri mereka perhatian, ajak berdiskusi tentang bidang yang diminatinya, lalu dorong terjun ke masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Free Hit Counter

Ada kesalahan di dalam gadget ini