Sabtu, 08 Maret 2014

Pengaruht Handphone bagi Lingkungan



Handphone merupakan salah satu dari perkembangan teknologi. dengan kecanggihan teknologi saat ini, fungsi handphone tidak hanya sebagai alat komunikasi biasa, tetapi manusia juga dapat mengakses internet, SMS, berfoto dan juga saling mengirim data. Dampak yang ditimbulkan dari handpone tidak pernah disadari oleh masyarakat. Selain memudahkan dalam berkomunikasi sebagai dampak positif yang manusia dapatkan, terdapat pula dampak negatif yang manusia dapatkan sebagai akibat menggunakan handphone atau telepon genggam ini.
Perkembangan telepon seluler sekarang ini juga menjadi menarik untuk disimak karena konvergensi teknologi yang sekarang terjadi mengisyaratkan kita bahwa kemajuan teknologi komunikasi informasi sekarang ini tidak memiliki batas sama sekali. Sulit bagi kita sekarang ini membedakan mana masuk kategori ponsel, kategori komputer, kategori pemutar musik digital, maupun kategori kamera digital atau video digital. Tampaknya sudah tidak ada lagi batasan yang jelas antara berbagai teknologi yang tersedia sekarang ini di pasaran yang semuanya menjadi sebuah kesatuan dan berbagai fungsi terkumpul dalam sebuah perangkat, jika di bandingkan dengan zaman dulu perkembangan teknologi handphone tidak berkembang pesat seperti sekarang ini.
1)        dapat di lihat dari model handphone jaman dulu desainya sangat sederhana dan lebih   cenderung simple,tidak seperti jaman sekarang,model handphone banyak yang berbentuk unik dan besar.
2)        zaman dulu layar handphone hanya bisa 1 warna atau sedikit.
3)        Ringtonenya masih pollyphonic.
4)        Belum bisa mengunakan lagu sebagai nada sambung.
        Dan perkembangan yang semakin maju pada industri ponsel, dapat di lihat fenomena terlihat dengan semakin banyaknya perangkat ponsel yang penuh dengan berbagai ragam kemampuan multimedia, dan bahkan pada model-model tertentu sudah bisa menjadi fungsi komputer dengan kecepatan komputasi yang setara ketika komputer pertama kali digunakan secara massal oleh konsumen. di antara perkembangan kedua teknologi ini adalah persoalan desain. Rancangan desain ponsel sekarang ini beribu macam, dari yang sederhana sebagai sebuah ponsel belaka sampai tercanggih. Contohnya saja untuk handphone zaman sekarang, banyak yang sudah dilengkapi oleh kecanggihan teknologi seperti MMS, 3G, GPRS, ringtone juga semakin canggih (bisa mengunakan MP3 sebagai ringtone), warna untuk layar semakin banyak, dan untuk sekarang ini nada sambung handphone bisa mengunakan sesuai dengan yang kita inginkan.
a)         MMS : seperti pesan text biasa, tetapi untuk MMS dapatmelakukan pengiriman pesan beserta gambar.
b)        3G : telepon dengan lawan bicara, tetapi bisa di lakukan secara tatap muka (dan sekarang untuk handphone yang lebih canggih dilengkapi 3G, 5G dan 4G).
c)      GPRS: untuk internet, membuka email.
 Dengan semakin maju perkembangan teknologi handphone semakin membantu orang-orang dalam melakukan segala aktifitas, karena handphone dapat dikatakan sebagai idenditas seseorang.
 Sekarang ini perkembangan teknologi ponsel sangatlah menjanjikan apabila dilihat dari dunia bisnis. mereka memanfaatkan ide-ide kreatif mereka dengan hanya mengeluarkan modal yang tidak banyak tapi bisa menghasilkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya. Seperti yang kita ketahui sekarang ini banyak sekali game-game yang bisa di download ke HP kita dengan mudahnya. Hanya dengan tinggal mengirimkan sms seharga kurang-lebih 2000 rupiah kita bisa mendapatkan game yang kita mau. Ataupun lagu-lagu yang baru-baru untuk dijadikan ringtone. Ataupun sekarang ini kita juga bisa mendownload foto-foto artis, mendapatkan sms dari artis favorit kita dengan hanya mengirimkan sms saja. Tidak hanya untuk hiburan saja kita juga bisa mendapatkan informasi atau berita dengan cara berlangganan maka tiap hari provider akan mengirimkan berita terbaru yang kita inginkan. Jadi dengan adannya bisnis ini, seperti terjadi adanya simbiosis mutualisme antara pengguna seluler dengan provider pasalnya dengan mengeluarkan uang kurang lebih 2000 kita juga akan mendapatkan informasi-informasi yang kita inginkan, seperti selebritis, berita, pendidikan sampai ramalan sehinga masing-masing pihak mendapatkan keuntungannya masing-masing. Tetapi tidak semua provider berlaku jujur karena terkadang walaupun kita telah memutuskan untuk tidak melanjutkan berlanganan lagi, tetapi mereka tetap memotong pulsa kita. Jadi kita sebagai consumen harus pintar-pintar memilih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Free Hit Counter

Ada kesalahan di dalam gadget ini