Sabtu, 08 Maret 2014

Pengaruh Handphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa



Pengaruh handpone sebagain alat bantu “CONTEK” Pada Siswa Sekolah. Handphone sangat berpengaruh sekali terhadap prestasi belajar siswa, dari hasil survey ke beberapa siswa, kebanyakan siswa yang mempunyai hp waktu luangnya banyak tersita untuk smsan atau teleponan (bukan untuk belajar) bahkan ada sebagian siswa yang menggunakan alat komunikasi tersebut untuk saling berkomunikasi ketika saat ulangan. Jadi hp sangat berpengaruh sekali terhadap prestasi siswa. Bahkan siswa yang tadinya tidak mengenal handphone tapi prestasinya baik, namun ketika orangtuanya membelikannya handphone prestasi belajarnya menjadi menurun dikarenakan siswa tersebut terganggu konsentrasinya oleh kehadiran handphone (sibuk dengan handphonenya). Namun, ada juga yang prestasinya tidak terpengaruhi HP, karena dia hanya menggunakkan hp untuk keperluan komunikasi saja.
Tetapi secara umum, ketika berbicara mengenai pengaruh handphone kepada prestasi siswa, ada dua sisi, yaitu sisi positif dan sisi negative. Positifnya adalah siswa tidak gaptek, siswa dapat mengikuti perkembangan era teknologisasi dunia dan siswa dapat lebih produktif, efektif dan efisien dalam waktu, energi dan biaya karena ada sarana komunikasi yang memudahkan urusannya. Namun, negatifnya adalah, oleh karena teknologi yang memiliki akses mudah ke banyak tempat, sebagian siswa akan memanfaatkannya untuk hal-hal yang negative (pornografi, plagiat/nyontek dll). Sebenarnya pengaruh HP terhadap prestasi siswa ialah tergantung dari siswa tersebut, apabila dia menggunakannya hanya untuk komunikasi saja maka prestasinya tidak akan terpengaruhi HP. Tapi apabila dia menggunakan handphone dengan berlebihan maka prestasinya akan terpengaruhi HP.

Akhirnya, peran moral dalam kehidupan sangat penting ketika nilai-nilai moral telah tertanam dengan baik di kalangan siswa, maka penggunaan handphone justru menjadi sangat positif. Dalam arti kamulah yang harus mengendalikan handphone, jangan handphone yang mengendalikanmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Free Hit Counter

Ada kesalahan di dalam gadget ini